Jangan sia-siakan sesuatu karna, ia akan terlihat berharga ketika mereka telah pergi dan tak akan kembali

Selasa, 28 Februari 2012

Emosi Sehat adalah dari Diri Anda Emosi Sehat adalah dari Diri Anda

Kesehatan emosional ditandai oleh kenyamanan dan penerimaan perasaan seseorang pada kondisi mental, situasi dan keadaan yang beragam. Emosi yang sehat perlu pengendalian pikiran, perasaan, dan perilaku, baik positif atau negatif. Menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan kadang-kadang bisa cukup menghabiskan waktu dan perlu tindakan yang serius. Ketika semuanya baik-baik saja, maka dengan mudahnya kita merasakan kedamaian. Tapi ketika situasi sulit muncul, hal ini membawa perasaan tidak nyaman yang serius dan dapat mengganggu keseimbangan emosional.


Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita sadari. Emosi positif adalah lambang rasa kesejahteraan manusia. Namun kemarahan dan kesedihan adalah bagian dari kehidupan. Itulah rahasia tuhan dalam menciptakan mahluknya. Dengan naik turunnya emosi, maka manusia akan lebih bisa merasakan nikmatnya.
Anda harus selalu siap untuk menghadapi kejadian terburuk untuk mencegah terjadinya hiper emosional. Anda harus memahami siklus emosi yang terjadi dalam diri Anda, inilah kunci sukses. Anda juga perlu tahu bagaimana menghadapi, beradaptasi atau mengatasi situasi sulit. Kemampuan ini memungkinkan Anda untuk siap dan bahkan mengontrol kesehatan emosional Anda dalam kejadian hidup.
Salah satu cara untuk memastikan bahwa kesehatan emosional Anda sehat adalah dengan mengendalikan pikiran Anda. Emosi adalah perasaan yang sangat berhubungan dengan pikiran. Bagaimanapun situasinya jangan biarkan pikiran negatif untuk memiliki kesempatan masuk dalam pikiran Anda karena hanya akan membuat Anda merasa lelah, rendah dan juga penuh energi negatif yang bahkan bisa menyebar ke orang-orang yang terlibat dengan Anda. Selain itu perasaan Anda menentukan hidup anda, karena perasaan mendikte cara Anda menanggapi situasi dan tantangan dalam hidup.
Orang-orang yang mengeliling Anda, terutama teman-teman Anda juga memainkan peran besar dalam menentukan kesehatan emosional Anda. Pastikan bahwa orang-orang yang mengelilingi anda adalah orang-orang yang positif terutama teman-teman Anda. Menjadi penyendiri adalah tidak sehat, maka dari itu Anda harus mempunyai teman selalu bersama dengan Anda di masa baik dan buruk, membuat Anda tersenyum di saat duka dan bersorak-sorai dalam waktu sukacita. Di sisi lain juga Anda perlu waktu untuk menyendiri, Anda perlu waktu tanpa seorangpun yang menemani di tempat yang tenang untuk bersantai dan fokus pada diri sendiri. Bermeditasi selama waktu ini adalah cara yang brilian untuk membantu Anda meremajakan dan membersihkan pikiran Anda.

Beberapa indikator bahwa Anda memiliki kesehatan mental dan emosional adalah termasuk kemampuan dalam diri Anda sendiri untuk membuat keputusan berdasarkan campuran dari perasaan, pikiran, dan perilaku pada saat-saat kritis. Cobalah bekerja secara independen, tidak hanya mencari dukungan dan bantuan dari orang lain, tetapi menghargai itu juga, dan mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda. Ketika Anda telah mampu untuk mengatasi diri Anda sendiri, maka Anda telah memiliki Emosi yang sehat.            

0 komentar:

Poskan Komentar

Selasa, 28 Februari 2012

Emosi Sehat adalah dari Diri Anda Emosi Sehat adalah dari Diri Anda

Kesehatan emosional ditandai oleh kenyamanan dan penerimaan perasaan seseorang pada kondisi mental, situasi dan keadaan yang beragam. Emosi yang sehat perlu pengendalian pikiran, perasaan, dan perilaku, baik positif atau negatif. Menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan kadang-kadang bisa cukup menghabiskan waktu dan perlu tindakan yang serius. Ketika semuanya baik-baik saja, maka dengan mudahnya kita merasakan kedamaian. Tapi ketika situasi sulit muncul, hal ini membawa perasaan tidak nyaman yang serius dan dapat mengganggu keseimbangan emosional.


Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita sadari. Emosi positif adalah lambang rasa kesejahteraan manusia. Namun kemarahan dan kesedihan adalah bagian dari kehidupan. Itulah rahasia tuhan dalam menciptakan mahluknya. Dengan naik turunnya emosi, maka manusia akan lebih bisa merasakan nikmatnya.
Anda harus selalu siap untuk menghadapi kejadian terburuk untuk mencegah terjadinya hiper emosional. Anda harus memahami siklus emosi yang terjadi dalam diri Anda, inilah kunci sukses. Anda juga perlu tahu bagaimana menghadapi, beradaptasi atau mengatasi situasi sulit. Kemampuan ini memungkinkan Anda untuk siap dan bahkan mengontrol kesehatan emosional Anda dalam kejadian hidup.
Salah satu cara untuk memastikan bahwa kesehatan emosional Anda sehat adalah dengan mengendalikan pikiran Anda. Emosi adalah perasaan yang sangat berhubungan dengan pikiran. Bagaimanapun situasinya jangan biarkan pikiran negatif untuk memiliki kesempatan masuk dalam pikiran Anda karena hanya akan membuat Anda merasa lelah, rendah dan juga penuh energi negatif yang bahkan bisa menyebar ke orang-orang yang terlibat dengan Anda. Selain itu perasaan Anda menentukan hidup anda, karena perasaan mendikte cara Anda menanggapi situasi dan tantangan dalam hidup.
Orang-orang yang mengeliling Anda, terutama teman-teman Anda juga memainkan peran besar dalam menentukan kesehatan emosional Anda. Pastikan bahwa orang-orang yang mengelilingi anda adalah orang-orang yang positif terutama teman-teman Anda. Menjadi penyendiri adalah tidak sehat, maka dari itu Anda harus mempunyai teman selalu bersama dengan Anda di masa baik dan buruk, membuat Anda tersenyum di saat duka dan bersorak-sorai dalam waktu sukacita. Di sisi lain juga Anda perlu waktu untuk menyendiri, Anda perlu waktu tanpa seorangpun yang menemani di tempat yang tenang untuk bersantai dan fokus pada diri sendiri. Bermeditasi selama waktu ini adalah cara yang brilian untuk membantu Anda meremajakan dan membersihkan pikiran Anda.

Beberapa indikator bahwa Anda memiliki kesehatan mental dan emosional adalah termasuk kemampuan dalam diri Anda sendiri untuk membuat keputusan berdasarkan campuran dari perasaan, pikiran, dan perilaku pada saat-saat kritis. Cobalah bekerja secara independen, tidak hanya mencari dukungan dan bantuan dari orang lain, tetapi menghargai itu juga, dan mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda. Ketika Anda telah mampu untuk mengatasi diri Anda sendiri, maka Anda telah memiliki Emosi yang sehat.            

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers